About

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 02 Juli 2013

tarian khas Sumbar

Posted by okta tegar On 00.53 No comments
TARI PIRING



Asal usul tari piring – Minangkabau tepatnya kotaSolok, provinsi Sumatera Barat adalah asal usul tari piring diciptakan. Tari Piring atau dalam bahasa Minangkabau disebut dengan Tari Piriang  salah satu seni tari tradisonal di Minangkabau yang berasal dari kota Solok, provinsi Sumatera Barat. Tarian ini menggunakan piring sebagai media utama. Piring-piring tersebut kemudian diayun dengan gerakan-gerakan cepat yang teratur, tanpa terlepas dari genggaman tangan
Sejarah Asal usul tari piring
Asal usul tari piring ini dibuat adalah untuk ritual ucapan rasa syukur masyarakat setempat kepada dewa-dewa setelah mendapatkan hasil panen yang melimpah ruah. Ritual dilakukan dengan membawa sesaji dalam bentuk makanan yang kemudian diletakkan di dalam piring sembari melangkah dengan gerakan yang dinamis.
Seiring dengan perkembangan jaman dan Setelah masuknya agama Islam ke Minangkabau, tradisi tari piring tidak lagi digunakan sebagai ritual ucapan rasa syukur kepada dewa-dewa. Akan tetapi, tari tersebut digunakan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat banyak yang ditampilkan pada acara-acara pernikahan dll.

0 komentar:

Posting Komentar

Site search

    Followers

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

    Visitor

    Ikut